Validity Test and Practicality Test of Virtual Reality Based Learning Media on Optical Equipment Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afroz, R., Ramlan, S. S. A. A., Anny, N. Z., & Afroz, M. N. I. (2024). Using Continuing Professional Development (CPD) for Enhancing Teaching Quality in Higher Education of Bangladesh. Journal of Education and Learning Research, 2(1), 1-15.
Arafah, K., Qadar, M., & Pristiwaluyo, T. (2020). Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika SMA di Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 131–140. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V6i1.1827
Arifuddin, M., & Mustagfirin, M. (2022). Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Demak. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 61-65.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. cetakan ke-15. Jakarta: Rajawalli Pers. Jones, Christophe. 1969. Design Methods.
Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., Herlina, E. S., Wijayanto, P. A., ... & Pratasik, S. (2023). Media Pembelajaran Era Digital.
Bekti, N., Dwi, W., Gola, N., Raudhotus, R., Nuraini, L., & Anggraeni, F. K. A. (2021). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Optik Geometri. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 123-135. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V7i1.3971
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). New York: Springer.
Broto, G. S. D. (2014). Riset Kominfo dan Unicef Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Diambil 20 Juli 2023, Dari Https://Kominfo.Go.Id/Index.Php/Content/Detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-Pih-Kominfo-2014+Tentang+Riset+Kominfo+Dan+Unicef+Mengenai+Perilaku+Anak+Dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/Siaran_Pers).
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dinar, F., & Waluyo, Y. S. (2019). Pembuatan User Interface dan Animating pada Media Pembelajaran Interaktif Idiom Bahasa Inggris. Multinetics, 2(1), 55-68.
Erviani, F. R., Sutarto, & Indrawati. (2016). Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan Evaluating (MPIDE) Disertai Resume Dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53–59.
Farhana. Nurul (2017). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Reasearch Gate, October, 1–16. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/320555649
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2017). Studi Pendahuluan pada Upaya Pengembangan Laboratorium Virtual Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 140–145. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V1i2.250
Harefa, A. R. (2019). Peran İlmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Warta, 60(April), 1–10.
Harijanto, A. (2018). Analisis Efektivitas Laboratorium Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Sma dan Kesesuaiannya Dengan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018 Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 162–166.
Jessica, P., Salim, S., Edo, M., Andam, P., Jessica, P., Salim, S., Edo, M., & Andam, P. (2023). Sciencedirect Sciencedirect 7th International Conference On Computer Science And Computational Intelligence 2022 A Systematic Literature Review On İmplementation Of Virtual reality A Systematic Literature Review On İmplementation Of Virtual reality For Le. Procedia Computer Science, 216(2022), 260–265. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2022.12.135
Joko Sumarsono. (2009). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: CV Teguh Karya, h.120
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kurniawan, W. et al. (2018) ‘Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan untuk Pengembangan Modul Fisika Gelombang Bola dan Tabung’, Edufisika, 3(01), Pp. 17–25. Available At: Https://Doi.Org/10.22437/Edufisika.V3i01.5805.
Ma, S. M. K., & Metro, A. (2022). Pengembangan Virtual reality untuk Menıngkatkan Keterampılan Perakıtan Komputer Sıswa Kelas X Menggunakan Game Engıne Unıty di SMK Ma’arıf 1 Metro, 21.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V18i2.303
Munawarah, Raudatul. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Mtsn 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Pada Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember : Tidak Diterbitkan.
Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Fisika yang Bersifat Abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 48-53.
Nurani., & Yuliani. (2003). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Pagarra, Hamzah., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rizal, A., Adam, R. I., & Susilawati, S. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Fisika Osilasi. Jurnal Online Informatika, 3(1), 55. Https://Doi.Org/10.15575/Join.V3i1.140
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Phet: Sımulası Interaktıf Dalam Proses Pembelajaran Fısıka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V5i1.103
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2578
Sari, I. P., Sormin, R. K., Purba, A., Rahayu, A. P., & Khairas, E. E. (2023). Effectiveness of Flash Card Media to Improve Early Childhood English Letter and Vocabulary Recognition in Reading. Journal of Education and Learning Research, 1(1), 1-7.
Sukaryawan, I. M., & Sugihartini, N. (2019). Pemanfaatan Teknologi Virtual reality ( VR ) di Perpustakaan, 99–113.
Sukaryawan, I. M., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Virtual reality Terhadap Hasil Belajar Anak Kelompok B Pada Tema Pengenalan Binatang Buas. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(1), 118. Https://Doi.Org/10.23887/Jptk-Undiksha.V16i1.16978
Sumantri, Mulyani, Johan Permana. 1999. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta : Depdikbud
Yasmina, M. (2020). Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat.
Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.3.p.476-487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 ayita saydah, Fakhruddin Z., Mitri Irianti, Muhammad Nor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau