Increasing Critical Thinking Ability of Students Through Guided Inquiry Model in Learning Photosynthetic Materials in SMA PGRI Pekanbaru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alec Fiser, (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Erlangga Jakarta.
Anisa, Z. H. (2015). Peningkatan motivasi, belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 79-85
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Translated by Satrio Wahono. Jakarta: Indeks.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Grassindo Jakarta https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan, Retrived March 2018
Indrawati,H. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa Melalui Implementasi Model Controversial Issues. Pekbis Jurnal, 4 (1) 63-70
Irham,F.,Indah,W.,& Ayu, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inqury Terbinmbing terhadap KemampuanBerpikir kritis siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago Kabupaten Banyu Asin . Jurnal Bioilmi, 2 (2), 92-101.
Jacobsen. (2009). Method for Teaching. Pustaka Pelajar Yogjakarta
Jirana,T., M Amin, dkk. (2016). Analisis keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata kuliah Evolusi di Universitas Sulawesi Barat. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek , 953-958
Kose, S. (2008). Diagnosing Studen Misconceptions, Using Drawings as A Research Method. Word Applied Science Journal,3, 283 - 293
Massaro, K. (2007). “Critical Thinking Skills”. Dialogue. 1-11.
Munadhiroh. (2016). Analisis Keterampilan Membangun Keterampilan Dasar Peserta Didik Kelas XI Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Di MA Al-Ashor, Walisongo institutional repository, 1 - 83
Nadipah. (2016). Analisis Kemampuan Memberikan Penjelasan Lebih Lanjut Peserta Didik Kelas XI Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing pada Materi Hidrolisis di MA Al Asrol.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Rama Ilmu Palangka raya
Nurfatin. (2018). Pengertian, ciri-ciri dan tujuannya.Seputar pengertian .blocspot .com diakses rabu 13 Maret 2019 pukul 13.00
Nurhayati, Oslan, J., & Faisal. (2016). Memperdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Biologi Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 19 ( 1 ), 47-55.
Nursafiah. (2015). Tanggapan Siswa terhadap Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh Jurnal Biotik, 3 (2), 153-157.
Putri, F. M. (2013). Pengaruh Penerapan Kombinasi Metode Inkuiri dan Pengajaran Timbal Balik terhadap Capaian Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Dinamika Partikel.Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia
Rahmi, S. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pratikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Siswa Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNSRI, Makalah Seminar FKIP UNSRI
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran , jakarta Raja Grafindo Persada
Siti, Z. (2016). Keterampilan abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran, Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat.
Sri, W., & Herawati,S. (2012). Perbedaan Keterampilan Mengobservasi dan Menyusun Hipotesis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Surakarta Sebagai Efek Penggunaan Strategi Guided Inguiry pada mMateri. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1), 286-298
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan . AlfaBeta
Tri,W.,& Sri,S. 2014. Peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kesimpulan dari Informasi yang Didengar Melalui Metode Inquiry. Jurnal Managemen Pendidikan, 9 (1), 40 - 48.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Kencana Prenada Media Jakarta
Turiman, P., Omar, J., Daud,.AM,& Osman, K. (2012). Fostering the 21 st Century Skill Through Scientific Literacy and Science Process Skills Faculty of Education, Universiti Kebangsaan Malaysia Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59 ,110 – 116
Yusi, A. (2016). Berpikir Kritis Siswa dalam pembelajaran Berbasis Masalah Berbantukan Kunci Determinasi, Jurnal Pendidikan Indonesia 5 (2), 901-911
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.4.2.p.285-295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Syarty Eka Masni, Firdaus LN, Sri Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau