Development of Augmented Reality Based Comic Media Through Digital Library Applications for Visual Communication Capability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustia, Z., Yennita, Y., & Fakhruddin, F. (2024). Profile of Critical Thinking Ability of Class VIII State Middle School Students in Science Learning. Journal of Education and Learning Research, 2(1), 46-53.
Alfi, C., & Perdana, K. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa PGSD UNU Blitar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(4), 539-547.
Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38.
Bella, S., Azhar, A., & Islami, N. (2023). Development of Think-Pair-Share (Tps) Model Based Learning Tools for Global Warming Materials. Journal of Education and Learning Research, 1(1), 20-29.
Daulay, M. I. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34.
Djamaluddin, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center, Sulawesi Selatan, Pare-Pare.
Fadhli, M., & Hidayat, T. (2022). Pelatihan Pembuatan Komik untuk Pengembangan Branding Desa Wisata Kubu Gadang. Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry, 1(2), 61-71.
Fatih, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Saintifik Berbasis Multimedia melalui Model Discovery Learning (Studi pada Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar). Jurnal Pendidikan, 2(2), 137-149.
Fatih, M. (2020). Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implemantasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(3), 506-514.
Gunawan, P. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Kronik: Journal of History Education and Historiography, 6(1), 39-44.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283.
Haris Pito, A. (2018). Media Pembelajaran Perspektif Al-Qu’an. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 6(2), 97-117.
Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik Sd Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).
Lubis, M. A. (2017). The using of Comic as a Teaching Material in Building Character of Elementary School Students. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(2), 246-258.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Miahara, N., & Fatoni, A. (2023). Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(1), 45-53.
Munandar, R. T., Robandi, B., & Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Aplikasi Wordwall Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Materi IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 81-87.
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255.
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258-267.
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43.
Resti, Y., Zulkarnain, Z., Astuti, A., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi melalui Pelatihan dalam Bentuk Tes untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru SDIT Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1046-1053.
Setiawan, A. H. (2021). Studi Terhadap Media Augmented Reality (Ar) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kd Memahami Jenis-Jenis Alat Berat. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(1).
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171-185.
Supriyadi, M. N., Ramdhan, B., & Juhanda, A. (2022). Efektivitas Media Augmented Reality Berbasis Smartphone Terhadap Kemampuan Komunikasi Visual dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Biologi:(The Effectiveness of Smartphone Based Augmented Reality Media on Visual Communication Ability and Student Motivation in Biology Learning). BIODIK, 8(3), 99-109.
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Syarifuddin, S., ilyas, J. B., & sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan & Pelatihan Sumber Daya Manusia pada Kantor Dinas Dikota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36.
Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar. Media Bina Ilmiah, 16(5), 6873-6882.
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Irawan, K. V. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Media Evaluasi Thatquiz. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 131-154.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.3.p.462-475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhamad Johan Masrukhin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau