Development of LKPD (Student Worksheets) Based on Learning Cycle 5E Assisted by PhET Simulation to Improve Scientific Reasoning Skills for Junior High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustia, Z., Yennita, Y., & Fakhruddin, F. (2024). Profile of Critical Thinking Ability of Class VIII State Middle School Students in Science Learning. Journal of Education and Learning Research, 2(1), 46-53.
Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pengembangan sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran IPA di SMP. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1),67-76.
Ariya, M., & Arini, N. W. (2021). Media Monopoli Sains (MONOIN) untuk Pembelajaran IPA pada Materi Semester I Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2),268-275.
Balqis, D., Kusairi, S., & Supriana, E. (2019). Analisis kemampuan Penalaran Ilmiah pada Pembelajaran Interactive Demonstration disertai Formative Assessment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11),1485-1490.
Bella, S., Azhar, A., & Islami, N. (2023). Development of Think-Pair-Share (Tps) Model Based Learning Tools for Global Warming Materials. Journal of Education and Learning Research, 1(1), 20-29.
Cylindra, V.B., I.W. Dasna, & Sumari. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan e-scaffolding pada Materi Laju Reaksi terhadap Pemahaman Konsep Siswa dengan Motivasi Berprestasi Berbeda. Jurnal Pendidikan, 6(7),1115-1133.
Dila, A. R., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 93-98.
Fatikasari, R., B. Matius., & Junus, M. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(1),65 – 72.
Hadi, W. P. (2021). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Berdasarkan Gender. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 133-142.
Handayani, G. A., Windyariani, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Tingkat Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Ekosistem:(Profile Of The Level Of Scientific Reasoning Of High School Student On Ecosystem Material). BIODIK. 6(2), 176-186.
Handayanti. Asiyah., Indrawati., & Wicaksono, I. (2020). Penggunaan Media PhET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran Getaran dan Gelombang terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 63 -72.
Hidayati, H., & Masril, M. (2019). Penggunaan LKM untuk Menunjang Kegiatan Laboratorium Virtual Fisika Inti. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2),149-153.
Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165-176.
Lestari, D. D. & Mukhlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1),25-33.
Liana, D. (2020). Penenrapan Model Pembelajaran Siklus belajar (Learning Cycle 5E) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. Mitra PGMI:Jurnal Kependidikan MI, 6(2),92-101.
Maharani, V. V., Erlina, N., & Pujani, N. M. (2023). Analisis Penalaran Ilmiah Siswa SMP Negeri 5 Singaraja berdasarkan Lawson Classroom Test of Scientific Reasoning pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(2), 170-181.
Muthoharoh, M., I. M. Kirna, & G. A. Indrawati. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1(1), 13-22.
Nurdyansyah, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nisa, K., M. Wati, & A. Mahardika. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis di SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1).
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(3), 480-492.
OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Ristia, H. P., U. Nuha, & Supeno. (2023). Model Learning Cycle 5E Berbantuan LKPD Berbasis Three-Dimensional Thinking Graph dan Pengaruhnya terhadap Scientific Reasoning pada Siswa SMP. Jurnal Pedagogy, 10(3),703-713.
Rizkika, M., P. D. A. Putra, & N. Ahmad. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 41-48.
Rohma, A. W., Budiarso, A. S., & Supeno, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Question Prompt Scaffolding untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Paedagogy, 10(3), 787-797.
Safitri, W., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. saintifika, 24(1), 30-41.
Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699-3712.
Setiawan, W. E., & N. E. Rusmana. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah mahasiswa calon guru IPA SD. Jurnal Pesona Dasar. 6(2), 1-12.
Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual Phet Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Variabel, 4(2),39-45.
Utama, N. G., Rahmatan, H., & Azhar, A. (2019). Penerapan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Terintegrasi Nilai Islami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1),47-54.
Utama, Z. P., Maison, M., & Syarkowi, A. (2018). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1),1-5.
Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1),1269-1283.
Yediarani, R. D., Maison, M., & Syarkowi, A. (2019). Scientific Reasoning Abilities Profil of Junior High School Students in Jambi. Indonesian Journal of Science and Education, 3(1), 21-25.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.3.p.362-378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Isna Nikmatul Mahbubah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau