Application of the PDEODE Learning Model Assisted by PhET Simulation to Improve the Cognitive Learning Outcomes of Physics Science for Class VIII Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardillani, S. P., & Sutama. (2022). Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran PDEODE dan ARCS di Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(2), 2597-2605.
Ernawati., Andriani, S., Farida., & Anggoro, B. S. (2019). Analisis Miskonsepsi Matematis: Dampak Strategi Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain. Jurnal Matematika, 2(3), 259-269.
Fatikasari, R., Matius, B., & Junus, M. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(1), 65-72.
Gay, S., Sahjat, S., & Hamid, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran PDEODE dan Model PBL terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Ternate pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan, 20(1), 112-125.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 161-186.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.
Ma’rifah, U., Yunita., & Mulyani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Mandirancan. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 2(2), 112-126.
Muzana, S. R., Lubis, Silvi, P. W., & (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236.
Nurdini, S. D., Husniyah, R., Chusni, M. M., & Mulyana, E. (2022). Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 136-146.
Ramadani, E. M & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab PhET pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 8(1), 87-92.
Saridewi, N. M. P., & Kusmariyatni, N. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education Action Research, 1(3), 65-72.
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120-1132.
Wijaya, H., & Arismunandar. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
Zainuri, B. N. S., Ayub, S., & Doyan, A. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Berbantuan PhET terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 227-233.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.2.p.187-194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Farzana Fakhira Faza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau