The Influence of Family Environment and School Environment on Civics Learning Outcomes of Class VIII Students at SMP Negeri 29 Pekanbaru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, R. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Suka Press.
Adiyani, A. (2018). The Correlation Between Family Environment And Learing Style With Civic Learning Outcomes. Joyful Learning Journal, 7(3), 64-74.
Arifin, F., Rokhmaniyah, R., & Suhartono, S. (2022). Analisis Implementasi Budaya Keamanan, Kenyamanan, Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Kerindangan, dan Kekeluargaan (7K) dan Dampaknya terhadap Karakter Peserta Didik SDN 1 Kutosari Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3).
Azahrah, F. R., Afrinaldi, R., & Fahrudin, F. (2021). Keterlaksanaan Pembelajaran Bola Voli Secara Daring Pada SMA Kelas X Se-Kecamatan Majalaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 531-538.
Bonsapi, A. M., Najoan, R. A., & Komedian, B. E. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres 19 Ibuanari Distrik Kebar Kabupaten Tambrauw. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 82-87.
Dewi, P. M. D. P. M., Prihanta, W., & Safitri, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran Pkn Materi Proses Perumusan Pancasila Melalui Model Pbl Pada Kelas IV SDN Junrejo 2 Tahun 2022/2023: Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5041-5041.
Djuku, S. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Watopute Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(3), 104-110.
Fatchurrohman, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru SD Se-Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal [Skripsi, Universitas Negeri Semarang].
Fatonah, S. M., Purnami, A. S., & Agustito, D. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar, Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 225–229.
Fazriah, I. N., Anggraini, S., & Insani, P. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar PAI. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 117-121.
Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102-109.
Harso, O. A., & Seku, A. Y. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPK Inemete Nangapanda. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7589-7594.
Hermawan, Y., Suherti, H., & Gumilar, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 8(1), 51-58.
Intaniah, D. (2020). Pengaruh Lingkungan SekolahTerhadap Akhlak Siswa Di SMP Negeri 1 Kelas Jauh Desa Kebun Lado Kecamatan Kuantan Singingi [Skripsi]. Universitas Islam Riau.
Julkifli, M., & Irfan, N. I. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Bermuatan Karakter Nasional Siswa. Jurnal Jurdikbud, 1(3), 55–65.
Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.
Maulina, S. I., & Ghofur, M. A. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 93-104
Mauludiyah, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII DI MTSN 1 Pasuruan [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang].
Nadiyah, A. H., & Pusposari, L. F. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dan Lingkungan Sekolah terhadap Nasionalisme. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 21-31.
Naini, I., & Nita, O. (2023). Lingkungan Sosial Keluarga terhadap Hasil Belajar. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 6(2), 348-359.
Natsir, A. F. A., & Jufri, J. (2022). Kerja Sama Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembinaan Anak. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(1), 39-48.
Nurhayati, N., & Dewi, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa MTs NW Pringgabaya Lombok Timur. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 1(2), 41-48.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.
Ridhoâ, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL e-DuMath, 8(2), 118-128.
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.
Setyorini, W. D. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 3 Min 5 Magetan [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorgo].
Shafira, R., & Asyiah, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Kreatif, 12(1), 201-208.
Sucipto, H. S. H., Anas, M. A. M., & Forijati, R. F. R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (Pkk) Siswa Smkn 3 Kota Blitar. Ekonomika45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 7(2), 153-162
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (25th ed.). Alfabeta.
Suparno, S., Hartini, A., & Susila, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Vii C Di Smp Negeri 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 63-77.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.
Zumi, A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP N 5 Kota Jambi [Skripsi, Universitas Jambi].
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.2.p.204-221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 della syafniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau