Use of Animated Video Learning Media to Increase Learning Interest
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model ADDIE Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23.
Al Fuad, Z. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-54.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.
Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. Journal of Information and Computer Technology Education, 1 (April), pp. 1-7. doi: 10.21070.
Desmita, Y., Suarman, S., & Gimin, G. (2021). Pedagogic and Professional Competencies Of Social Science Subject Teachers in Relation to Motivation and Learning Achievement. Journal of Educational Sciences, 5(1), 188-197.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
Fudhla, A., Caska, C., & Suarman, S. (2023). The Influence of Using Social Media on Students' Motivation and Learning Achievement in Economics Subjects at Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Islamic Boarding School. Journal of Educational Sciences, 7(4), 663-674.
Gimin, G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS pada Materi Gejala Alam Negara Indonesia dan Negara Tetangga dengan Penggunakan Teknik The Power of Two Siswa Kelas VI B SDN 37 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(2), 274-281.
Hamisah, S., Caska, C., & Kartikowati, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbantu Anyflip Dan Qizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6, 1950-63.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.
Mardianawati, M., Caska, C., & Sumarno, S. W. (2019). The Effect of Academic Qualifications, Work Experience and Work Motivation on the Performance of Principal School in Sub-District Rupat Bengkalis Regency. Journal of Educational Sciences, 6(3), 377-392.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak, anggota IKAPI.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
Rauf, A., Suarman, S., & Kartikowati, S. (2020). The Influence of Emotional Intelligence and Student Learning Behavior Through Student Motivation on Student Learning Outcomes. Journal of Educational Sciences, 4(4), 881-889.
Rosmandi, A., Mahdum, M., & Indrawati, H. (2021). Development of E-learning-based Social Studies Learning Media for Class VII Semester II Junior High Schools. Journal of Educational Sciences, 5(1), 53-65.
Rusmiati, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 21-36.
Santi, S., Suarman, S., & Indrawati, H. (2016). Kombinasi Nht-stad pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa (Studi Kasus pada Kelas X Sman 1 Kubu Babussalam). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 8(3), 164-171.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suryani, N., Achmad, S., & Aditin, P. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4 (3).
Wayan, I. K. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika 13(1), 1-5.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.2.p.282-293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aida Irmayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau