Analysis of Students' Learning Skills and Innovation Skills at SMK Negeri 2 Padang Panjang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliftika, O., Purwanto, P., & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141-147.
Amandita, M. S., & Munadi, S. (2021). Analisis Pencapaian Kompetensi Abad 21 pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 9(1), 17-22.
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23.
Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:(Pengertian dan Indikatornya). Eksponen, 9(2), 20-26.
Elizza, P. N. (2021). Analisis Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Guru Kimia (Bachelor's thesis, Jaktarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Himmah, E. F., Handayanto, S. K., & Kusairi, S. (2021). Potensi Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 50-54.
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dalam Proses Pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72.
Manurung, B. (2019). Pembelajaran Abad 21 di SMK Budiman. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 395–401.
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114.
Murtafiah, W. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial Ditinjau dari Gender. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1).
Marline, L. (2021). Analisis Modul Elektronik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 52-60.
Oktavia, S. (2023). Analisis Tingkat Keterampilan Abad 21 pada Guru Produktif di SMK Negeri 2 Padang Panjang (Bachelor's Skripsi, Padang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Sumatera Barat).
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Sugiyono, D (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, and Reasearch.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16.
Yanti, E. D., Wigati, I., & Habisukan, U. H. (2019). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Laki-Laki dan Perempuan pada Materi Sistem Peredaran Darah Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA MAN I Banyuasin III. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66-71.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference 13(2), 1-18.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.2.p.259-269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rifka Aulia Putri, Ami Anggraini Samudra, Satrio Junaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau