Effectiveness of the Direct Instruction Model in the Merdeka Curriculum on Basic Pencak Silat Technique Skills at SMPN 1 Majalaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alit, I. G. A. N. (2019). Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019 SD Negeri 22 Dauh Puri. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73.
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Implementation Of The Independent Curriculum After The Covid-19 Pandemic. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670.
Asyhari, K. H., & Utomo, B. A. W. (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Sabit Pencak silat Melalui Modifikasi Bola Plastik. Edumaspul:Jurnalpendidikan, 5(2), 509-513.
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of educational and language research, 1(1).
Dimyati, A. (2019). Tingkat kejenuhan guru dalam mengajar pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di smp luar biasa di kabupaten karawang. Jurnal ilmiah penjas, 5(2), 2442–3874.
Febriyanti, C., Abdullah, & Mahardika, D. B. (2022). Implementasi Model Direct Instruction dalam Pembelajan Bola Basket di SMAN 1 Ciasem. Jurnal Ilmiah Wahana pendidikan, 8 (September), 76–85.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 5(1), 1617–1620.
Heriyanti, A., & Gumay, O. P. U. G. (2018). Penerapan Model Direct Instruction Pada Pembelajaran Fisika Aantri. Spej (Science And Phsics Education Journal), 2(1), 30–35.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran.Fondatia,4(1),1–27.
Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Pritandhari, M. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 5(1), 47–56.
Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Problem Based Learning Dan Inquiry Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157–168.
Rahmansyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen PendidikanIslam,1(1),47–52.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&B (Sutopo (Ed.)). Alfabeta.
Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku KecamatanSukaraja. JurnalPajar(PendidikanDanPengajaran),3(5),1137.
Suherman, A. (2018). Kurikulum pembelajaran penjas. UPI Sumedang Press.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29.
Sueni, N. M. (2019). Metode, Model Dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19 (2), 1–16.
Sumarno, A., & Ma’mun, S. (2020). Pembelajaran Pencak Silat (A. Rahman (Ed.)). Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim).
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.13–28.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.7.4.p.588-597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fika Aulia Rahma, Akhmad Dimyati, Evi Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau