
Teacher Competency Improvement Efforts in the Preparation of Syllabus and Lesson Plans Through Ongoing Academic Supervision at SMP Negeri 6 Dumai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W., & Garrett, A. L. (2008). The “Movement” of Mixed Methods Research and The Role of Educators. South African journal of education, 28(3), 321-333.
Depdiknas. 2010. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.
Glickman, M. E, et all (2007). Blood Pressure and Survival in The Oldest Old. Journal of the American Geriatrics Society, 55(3), 383-388.
Gwynn, J. M. (1961). Theory and practice of supervision. Dodd, Mead.
Ismail, S., & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 198-209.
Mugara, R. (2011). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Prodi Pengembangan Kurikulum. Universitas Pendidikan Indonesia. Sunan Kalijaga: Yogyakarta.
Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan Rpp Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482-490.
Oviana, W. (2015). Kemampuan Mahasiswa Mengintegrasikan Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 (Kajian teoritis). Pionir: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.
Sergiovanni, T. J. (1987). The Metaphorical Use of Theories and Models in Supervision: Building a Science. Journal of Curriculum and Supervision, 2(3), 221-32.
Sudin, A. (2008). Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kabupaten Sumedang.“. Jurnal, Pendidikan Dasar “
Sukarya, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 611-617.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya.
Mardjoko, B. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SDN 2 Ngadisanan Sambit. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 4(1), 1.
Wiles, K. (1967). The Teacher Education We Need. Theory Into Practice, 6(5), 260-265.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.7.3.p.416-424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andi Effendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau