
Analysis of Problem Based Learning Model on Students' Cognitive Intelligence in Mathematics Class IV Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning : Apa dan Bagaimana. 3(1), 27–35.
Artikel ilmiah analisis keterlaksanaan model. (2017).
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning ( PLB ). 1(1), 38–48.
Berpikir, K., Siswa, K., & Dasar, S. (2017). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MEMBANGUN. 3(2).
Bujuri, D. A., & Ilmu, F. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. IX(1), 37–50.
Bumi, L., & Bencana, D. A. N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI. 1, 6–13.
Burhana, A., Octavianti, D., Meilinda, L., Anggraheni, R., Ashariyanti, N. D., Ayudha, P., & Mardani, A. (2021). Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. 302–307.
Dialektika, J., & Pgsd, J. (2016). Kata kunci : konsep dasar, perkembangan kognitif, Jean Piaget. 5(1), 1–10.
Jember, M. I. N. (n.d.). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.
Journal, L. (2019). Lantanida Journal,. 7(1).
Latipah, E. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri Maguwoharjo 1 Depok Sleman Farista Fitria Nurul Arfiani. 12(2), 38–57.
Learning, P. B., Accompanied, M., Articles, S., Creative, I., Ability, T., Sman, C., & Year, B. A. (2013). Implementation of Prolem Based Learning (PBL) Model Accompanied by Scientific Articles for Increasing Creative Thinking Ability Student in X3 Class SMAN 2 Boyolali Academic Year of 2012/2013. 2, 58–67.
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Malikha, D. R., & Jenangan, S. M. K. N. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) SEBAGAI SALAH SATU METODE PEMBELAJARAN BERKARAKTER DAN BERWAWASAN GLOBAL.
Masrinah, E. N., Aripin, I., Gaffar, A. A., Biologi-fkip, P. S. P., & Majalengka, U. (2019). PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN. 924–932.
Mayasari, T., Kadarohman, A., & Rusdiana, D. (2015). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN.
N, S. D. N. S., Sihotang, D., Sihombing, L. N., Sinaga, D. M., & Sirait, A. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V.
Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN THE APPLICATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS CRITICAL THINKING. c, 125–143.
Nomor, V., Achmad, F., Larasati, C. N., & Yogaswara, R. (2022). Ulasan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Kimia Pada Peserta Didik. 4, 0–5.
Pasca, P., Magister, S., Pendidikan, M., Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2003). PROBLEM-BASED LEARNING. 167–174.
Paud, D. I., & Konda, Y. (n.d.). PERAN GURU DALAM ANAK DI MASA PANDEMI COVID.
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Agung, A., Kartika, D., Agung, I. G., Negara, O., Tirtayani, L. A., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK KELOMPOK B Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1), 21–32.
Perkembangan, T., & Jean, K. (n.d.). PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA Pendahuluan. 116–152.
Siswa, M., Iii, K., & Dasar, V. S. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. 2(1), 129–140.
Sunani, T., Syawaluddin, A., & Sahruddin, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03. November, 1155–1159.
Wati, M. T., & Madiun, U. P. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SD. 3.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) LEARNING MODEL : THE EFFECT ON UNDERSTANDING OF CONCEPT AND CRITICAL sejak dini . Selain berpikir kritis peserta dihadapkan dengan sejumlah materi yang proses pembelajaran itu sendiri . Banyak. 02(3), 399–408.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.7.2.p.306-313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wardathi Khuzaifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau