
The Effect of Achievement Motivation and Teacher Participation in Course Teacher Consultations (MGMP) in Dumai, Riau Province
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhinugraha, B., & Ruhenda, R. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Motivasi Berprestasi dengan Kompetensi Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 217-234.
Agustina, S., AR, H. F., & Zulkarnain, Z. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 6(1), 139-159.
Noho, N., & Arvyati, F. M. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri dan SMA Swasta Di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 26-42.
Djazimi, M. A. (2017). Motivasi Berprestasi Guru Madrasah Aliyah Al Khairiyah Provinsi Banten Perspektif Demografis. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 2(02), 95-102.
Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan dan Pelatihan.
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1).
Janawi. (2019). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Marhaendro, A. S. D. (2011). Pemetaan Partisipasi Guru Pendidikan Jasmani SMA Terhadap Olahraga Softball di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2).
Praptono, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi MGMP di SMP Negeri 2 Pacitan. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 4(1), 51-58.
Prihastuty, R., Musyarofah, H., & Sofanudin, A. (2020). Perbedaan Nilai Kerja Guru Laki-laki dan Perempuan Pada Madrasah Berbasis Pesantren Di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Al-Qalam, 26(1), 93-106.
Rahman, U. (2014). Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior Pada Guru Madrasah Aliyah. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 21(1), 131-142.
Setyanti, E. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru yang Bersertifikasi. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 60-77.
Sholihatunnisa, L., Darmawansyah, M. I., Sa’adah, N., & Susilawati, W. (2018). Problematika Pendidik dan Peserta Didik Terhadap Pelajaran Matematika. PRISMA, 7(2), 145-163.
Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sukirman, S. (2020). Efektifitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 201-208.
Sum, T. A., & Talu, A. T. I. (2018). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Laki-laki Untuk Menjadi Guru PAUD di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 192-203.
Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Deepublish.
Susmiatun, A., Yuliejantiningsih, Y., & Abdullah, G. (2020). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Partisipasi Guru dalam MGMP Terhadap Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(3).
Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.4.p.652-664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 FRIANITA RISWANDI GABAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau