Students Creative Thinking Skills in the Context of Handling Fish Bone Waste with Problem-Based Learning Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Atun, I. (2016). Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pesertadidik. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.
Adiningsih, Y., & Purwanti, T. (2015). Karakterisasi mutu gelatin ikan tenggiri (scomberomorus commersonii) dengan perendaman menggunakan asam sitrat dan asam sulfat. Jurnal Riset Teknologi Industri, 9(2), 149-156.
Agustin, S., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2018). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 1-12.
Aidoo, B., Boateng, S. K., Kissi, P. S., & Ofori, I. (2016). Effect of problem-based learning on students’ achievement in chemistry. Journal of Education and Practice, 7(33), 103-108.
Arikunto, S. (2009). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis bagi mahapesertadidik dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SD melalui project based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 82-95.
Birgili, B. (2015). Creative and critical thinking skills in problem-based learning environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71-80.
Desriyanti, R., & Lazulva. (2016). Penerapan problem-based learning pada pembelajaran konsep hidrolisis garam untuk meningkatkan hasil belajar pesertadidik. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 70-78.
Efwinda, S., & Sopandi, W. (2016). Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran IPA terpadu bebasis masalah berbantuan mind map. Edusains, 8(1), 27-35.
Fadliah, E., Rosbiono, M., & Sopandi, W. (2018). Skill analysis of students’ creative thinking in implementation of problem-based learning with plastic waste handling context. Journal Of Physics: Conference Series.
Fahruroji, T., Kurnia., & Rosbiono, M. (2016). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kreatifitas Siswa pada topik biogas. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 234-242.
Friani, I. F., Sulaiman., & Mislinawati. (2017). Kendala guru dalam menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88-97.
Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina, (2019). Penerapan PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. Edu Chemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 4(1), 24-35.
Hidayat, G., Dewi, E. N., & Rianingsih. L. (2016). Karakteristik gelatin tulang ikan nila dengan hidrolisis menggunakan asam fosfat dan enzim papain. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 19(1), 69-78.
Hidayat, T., Susilaningsih, E., & Kurniawan, C. (2018). The effectiveness of enrichment test instruments design to measure students’ creative thinking skills and problem-solving. Thingking Skill and Creativity, 29, 161-169.
Iskandar. (2009). Psikologi pendidikan (sebuah orientasi baru). Cipayung: Gaung Persada (GP) Press.
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar – mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Mahmuda, E., Idiawati, N., & Wibowo, M. A. (2018). Ekstraksi gelatin pada tulang ikan belida (chitala lopis) dengan proses perlakuan asam klorida. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 7(4), 114-123.
Munandar, U. (2014). Pengembangan kreatifitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Murtiningrum, T., Ashadi., & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik ditinjau dari kemampuan berfikir abstrak dan kreativitas siswa. Jurnal Inkuiri, 2(3), 288-301.
Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswadja Pressindo.
Panjaitan, T. F. C. (2016). Optimasi ekstraksi gelatin dari tulang ikan tuna (thunnus albacares). Jurnal Wiyata, 3(1), 11-16.
Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui problem-based learning (pbl) pada pembelajaran biologi pesertadidik kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(3), 39-51.
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Ridhay, A., Musafira., Nurhaeni., Nurakhirawati., & Khasanah, N. B. (2016). Pengaruh variasi jenis asam terhadap rendemen gelatin dari tulang ikan cakalang (katsuwonus pelamis). Jurnal Riset Kimia, 2(2), 44-53.
Santoso, C., Surti, T., & Sumardianto. (2015). Perbedaan penggunaan konsentrasi larutan asam sitrat dalam pembuatan gelatin tulang rawan ikan pari mondol (himantura gerrardi). Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 4(2), 106-114.
Tan, O. S. (2003). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Singapore: Thomson Learning.
Tazwir., Ayudiarti, D. L., & Peranginangin, R. (2007). Optimasi pembuatan gelatin dari tulang ikan kaci-kaci (plectorhynchus chaetodonoides lac) Menggunakan berbagai konsentrasi asam dan waktu ekstraksi. Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, 2(1), 35-43.
Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem-based learning dalam pembelajaran matematika. Tecnoscienza, 2(1), 44-52.
Ulger, K., & Imer, Z. (2013). The effect of problem-based learning approach on students’ creative thinking ability. Hacettepe University Journal of Education, 28(1), 382-392.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII semester gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.
Wahyu, W., Kurnia., & Syaadah, R.S. (2018). Implementation of problem-based learning (pbl) approach to improve student’s academic achievement and creativity on the topic of electrolyte and non-electrolyte solutions at vocational school. Journal of Physics: Conference Series.
Warsono., & Hariyanto. (2013). Pembelajaran aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wijaya, O. A., Surti, T., & Sumardianto. (2015). Pengaruh lama perendaman NaOH pada proses penghilangan lemak terhadap kualitas gelatin tulang ikan nila (oreochromis nioticus). Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. 4(2), 25-32.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.2.p.244-256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 IRMITHA MUFIDA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau