Development of Mathematic Learning Devices Through The Application of The Problem Based Learning Model to Facilitate KPMM in Number Pattern Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Endang, M. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Novita, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JELMaR.1 (1). 65-73.
Hendriana H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Softt Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Herma, Y., & Saragih, S. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 15 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-11.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 22,24,58 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Rizky, D., F., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis POE Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 100-106
Mawaddah S., & Anisah, H. (2015). ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP’. Jurnal Pendidikan Matematika , 3(2), 166 – 175.
Sri Wardhani, dkk. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah di SMP. Yogyakarta : P4TK Matematika..
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhadi. (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta:UMS.
Sa’dun, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.
Suharsimi, A. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(2), 132-148.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.2.p.267-277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 EKO PAYASTO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau