
The Effect of Using Problem Based Learning Student Worksheet Model to Build Mathematical Problem Solving Ability for Class VIII Junior High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineke Cipta
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Armis, A., & Suhermi, S. (2010). Pengembangan Program Pembelajaran matematika. Pekanbaru: Cendikia Insani
Daryanto, D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Dina, A., Mawarsari, V, D., & Suprapto, T. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan terhadap Ilmiah Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(1), 24
Elmiwati, E., Kartini, K., & Zulkarnain, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 584-593.
Fitri, C., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning dengan Konteks Budaya Melayu Riau untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 11-22.
Kemendiknas. (2007). Permendiknas Nomor 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kemendiknas. Jakarta.
Pertiwi, W., Roza, Y., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Matriks untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 156-165.
Polya, G. (1973). How to Solve if A new Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princenton University Press.
Restika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation. Eduhumaniora, 9(1), 35-46.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
Trianto, T. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Publisher.
Wijayanti., Tri, A., & Caswita., Caswita., & Sutiarso., Sugeng. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah pada Pemecahan Konsep Matematis Siswa. Academic journal of Math, 1(1), 83-92.
Yunarti, T., Riyadi, R., & Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9).
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 109-118.
Zahira, H., Zulkarnain, Z., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membangun Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 487-500.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.2.p.354-363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurfadilla Nurfadilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau