The Influence of the Application of Inquiry and Problem Based Learning Models on the Critical Thinking Ability of Students in 5th Grade Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.
Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2). 147-155.
Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287.
Hamnuri. (2012). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.
Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-70.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 20 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP. Retrieved from https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/04/Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.pdf
Lestari, F. Y. P., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019, October). Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ips Siswa Sd. In Seminar Nasional Pendidikan. 59-70
Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi energi bunyi. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 51-60.
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., Si, M., Swasta, I. B. J., & Si, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan ketrampilan proses sains pada pelajaran biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). 15-29.
Wijayanti, D. A. I., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA di SD No. 1, 2, dan 3 Kaliuntu Gugus X Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 3 (1). 1-12.
Wulanningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Pendidikan Biologi, 4(2). 33-43.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.4.2.p.414-425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mufti Arifandi, Firosalia Kristin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau