Effectiveness of Instagram Learning Media on Chemical Equilibrium Material on Learning Outcomes of Class XI Students of SMAN 1 Payakumbuh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhim., Yuliani, A., & Jatmiko, B. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Pada Materi Suhu Dan Kalor.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 4(3): 77–82.
Amir, A. (2014). “Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif.” Forum Pedagogik VI(1): 78.
Arikunto. (2015). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ariyani, R. D., Indrawati & Mahardika, I. K. (2017) Model Pembelajaran Guided Discovery (Gd) Disertai Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Ipa (Fisika) Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika 6, 397–403.
Bella, S., Azhar, A., & Islami, N. (2023). Development of Think-Pair-Share (Tps) Model Based Learning Tools for Global Warming Materials. Journal of Education and Learning Research, 1(1), 20-29.
Colleta, V. P. & Steinert, J. J. (2020). Why Normalized Gain Should Continue To Be Used In Analyzing Pre Instruction and Post Instruction Scores On Concept Inventories. Physical Review Physics Education Research 16 (1): 010108.
Defista, C., Andromeda, & Sovia, E. (2022). “The Effect of Guided Inquiry Learning Model Based On Lesson Study For Learning Community On Chemical Equality Materials.” Ijis Edu 4(1): 40–44.
Fitriah, L. (2019). “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Materi Kesetimbangan Kimia.” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 5(2): 75.
Inayah, Kuntarto, E., & Khoirunnisa. (2024). Analysis of Students' Difficulty in Writing Beginnings in Class I Elementary School. Journal of Education and Learning Research, 1(2), 61-69.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). “Media dan Sumber Pembelajaran.” Jakarta: Kencana.
Khairuni, N. (2016). “Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh).” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2(1): 91.
Khasana, V. A., Setiyawan , H., & Desiningrium , N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Instagram terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo. Child Education Journal.
Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.
Lenggogeni, K., & Mawardi, M. (2022). Effectiveness of a Flipped Classroom Based on Guided Discovery Learning System on Acid - Base Solutions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.
Mahendra, B. (2017). “Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi).” Jurnal Visi Komunikasi 16(01): 151–60. https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1649/submission/original/1649-3678-1-SM.pdf.
Marfu’a, S., & Astuti, R., T. (2022). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Kesetimbangan Kimia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022 (1): 297–307.
Martarini, N. M., Yulianti, K. A. R., & Sastaparamitha, N. N. A. J., (2021). “Media Sosial Dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 7(2): 375–82.
Mesiono. (2018). Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah / Sekolah Perspektif Ability and Power Leadership. Yogyakarta: PPMPI
Mukhlisin, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V SDN Tlogoadi. Basic Education, 5(16), 1-544.
Nuriyawati, Wati, I., Robandi, B., & Iriawan, S. B. (2019). “Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(3): 432–43.
Priliyanti A., Muderawan I. W., Maryam S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 5(1): 11-18.
Rahmawati, Pungky, I. (2023). “Effect of Using Instagram Learning Media on Student Learning Outcomes Using the Discovery Learning Model on Reaction Rate Material.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9(4): 1805–12.
Rahmi, Muntaha, M. S., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku.” International Journal of Elementary Education 3(2): 178.
Ramadani, S., Widyaningrum, L., Denada, L., Megawati, & Andromeda. (2023). Pengaruh Media Guided Discovery Learning berbasis LSLC Pada Materi Titrasi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAS Adabiah Padang . Jurnal Pendidikan Tambusai .
Rohim, A. M., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Instagram untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal .
Smitha. (2012). Inquiry Training Model and Guided Discovery Learning for Fostering Critical Thinking And Scientific Attitude. First Edition. Publisher Vilavath Publications, Kozhikode
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan I., Indratno T. K., Ayu S. M. (2024). N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest - Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.
Sulistyowati, Nastiti, Widodo, A. T., & Sumarni, W. (2012). “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia.” Chemistry in Education 2(1): 49–55.
Suryelita, Khoirunnisa. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Instagram Pada Materi Kesetimbangan Kimia Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelasa XI SMA Development of Learning Media Using Instagram on Equilibrium.” Edukimia 5(1): 1–6.
Warlinda, Asri, Y., & Yerimadesi. (2020). “Pengaruh Strategi Literasi Berbantuan Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Di SMPN 4 Sungai Penuh.” Edukimia 2(3): 112–16.
Yanuarita, I., & Wiranto. (2018). Mengenal Media Sosial Agar Tak Menyesal. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Yerimadesi. (2017). Model Guided Discovery Learning untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA. Padang: Program Pascasarjana UNP.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.8.4.p.716-727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Salwa Alfathunnisa Sarwo Ardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau