Student Worksheets with Scientific Literacy Oriented on Hydrolysis Matter by Utilizing Surrounding Materials as an Alternative Practicum in Pandemic Era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 186–196.
Avikasari, A., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). The Influence of Science Literacy-Based Teaching Material Towards Science Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(3), 182.
Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(November 2020), 187–193.
Frima, F. K. (2020). Penerapan Praktikum Jarak Jauh Pada Topik Pertumbuhan Mikroba Dalam Masa Darurat Covid-19 Di Institut Teknologi Sumatera. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(2), 102.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182.
Hermita, R., Suciati, & Rinanto, Y. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Lab untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Konten pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Jurnal Inkuiri, 5(2), 94–107.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona virus Disease (COVID-19). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas Iv Sd Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153.
Latip, A., & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Smp Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(2), 160–171.
Lestari, M. I., Barat, J., Tengah, J., & Timur, J. (2020). Analisis Dampak Sentimen Masyarakat Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Kurs Rupiah (Studi Kasus Pandemi Covid-19 di Indonesia). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 1–14.
Mitarlis, Azizah, U., & Yonatha, B. (2018). Pemanfaatan Indikator Alam dalam Mewujudkan Pembelajaran Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 1–7.
Mona, N. (2016). Mekanisme Contagion dalam Jaringan Sosial. Depok: Universitas Indonesia.
OECD. (2015). PISA 2015: Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. OECD Publishing.
Retnaningsih, R. (2020). E-Learning system sebuah solusi pragmatis program vokasional semasa pandemi COVID-19. Taman Vokasi, 8(1), 28.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005
Sunartadi, S., Sukardjo, J., & Nurhayati, N. (2014). Studi Komparasi Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dengan Menggunakan Media Demonstrasi Dan Percobaan Pada Pokok Bahasan Asam, Basa Dan Garam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 24–30.
Suryandari, E. T. (2016). Performance Assessment Sebagai Instrumen Penilaian Untuk Meningkatkan Ketrampulan Proses Pada Praktikum Kimia Dasar Di Tadris Kimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 19.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. . (1974). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Indiana: Indiana University.
Ural, E. (2016). The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students’ Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety and Achievement. Journal of Education and Training Studies, 4(4), 217–227.
Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47.
World Health Organization. (2019). Coronavirus. Retrieved from World Health Organization. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.5.3.p.542-558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Gayatri Rajadewi Mega Putri, Mitarlis Mitarlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau