Improvement of Mathematical Problem Solving Ability of High School Students through Problem Based Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.
Arends, R., & Castle, S. (1991). Learning to teach (Vol. 2). New York: McGraw-Hill.
Daulay, I. S. (2017). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 2(2), 81-99.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.[On-Line]. Diakses dar i www. physics. indiana. edu/~ sdi/AnalyzingChange-Gain. pdf. pada tanggal, 7.
Inayah, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-16.
Jatisunda, M. G. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Pendekatan Kontekstual (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 207-217.
Luritawaty, I. P. (2018). Efektivitas Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiwa. Didactical Mathematics, 1(1), 1-8.
Munawaroh, L., Sampoerno, P. D., & Yurniwati, Y. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143
Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). PISA 2015 Result. OECD.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Wulandari, R. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) dan Situation Based Learning (SBL): Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas IX SMP Negeri (Doctoral dissertation, Universitas Pedidikan Indonesia).
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.4.3.p.584-593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Elmiwati Elmiwati, Kartini Kartini, Zulkarnain Zulkarnain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau