
Improving Students Mathematical Understanding by Using Discovery Learning Models for Senior High School Students in Kampar District
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Dahar, W. R. (2010). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dina, A., Mawarsari, V. D., & Suprapto, R. (2015), Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Journal of Mathematics Education Studies, 2(1), 22-31.
Irfan, D. (2018). Laporan Hasil UN SMA Propinsi Riau. Pekanbaru: Pengelola data UN SMA Dinas Pendidikan Propinsi Riau.
Junita, N. (2018) Hasil UNBK SMA 2018 di Riau Turun. Pekanbaru: https://sumatra.bisnis.com/read/20180503/533/791155/hasil-unbk-sma-2018-di-riau-turun-ini-sebabnya diakses pada tanggal 04 Mei 2018.
Kartika, Y., Hutapea, N. M., & Kartini. (2020). Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Sstudents. Journal of Educational Sciences, 4(1), 124-132.
Kartikasari, D., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 1-7.
Kartini. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Belief Mastematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Bandung: Disertasi Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2018). Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ diakses pada tanggal 04 Mei 2018.
Moreno, L. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (6), 1401-1428.
Putrayasa, M., Syahruddin., & Margunayasa, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1 – 11.
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83-92.
Riduwan, A. (2010). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.
Saragih, S., & Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Trigonometri Peserta didik SMK Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 368 – 381.
Saragih, S., & Napitulu, E. (2015). Developing Student-Centered Learning Model to Improve high Order Mathematical Thinking Ability. Jurnal International Education Studies, 8(6), 104-112.
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 810-813.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E., Syam, S. S., & Rodiawati, A. (2017). Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jes.4.2.p.357-367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Imayati Imayati, Kartini Kartini, Zulkarnain Zulkarnain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: FKIP Universitas Riau